MetaXploit

Bat – Perintah cat dengan Syntax Highlighting

Bat adalah kloningan dari perintah cat di linux dimana cat sendiri biasa difungsikan untuk melihat/menampilkan isi file. Pada dasarnya perintah cat dan bat ini sama hanya saja yang membuat bat lebih unggul adalah bat memiliki fitur syntax highlighting untuk sebagian besar bahasa pemrograman dan markup yang juga disertai dengan Git integration untuk menampilkan modifikasi file.
Bat – Perintah cat dengan Syntax Highlighting
Bat – Perintah cat dengan Syntax Highlighting
Fitur lain dari bat yaitu paging otomatis, line numbers, file concatenation, tema untuk syntax highlighting dengan berbagai gaya untuk menampilkan hasil.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan bagaimana cara menginstal dan menggunakan Bat (cat clone) di Linux.

Cara Install Bat di GNU/Linux
Pada Debian dan distribusi Linux berbasis Debian lainnya, kalian dapat mengunduh paket .deb terbaru dari release page atau menggunakan perintah wget berikut untuk mengunduh dan menginstalnya.
$ wget https://github.com/sharkdp/bat/releases/download/v0.11.0/bat_0.11.0_amd64.deb
$ sudo dpkg -i bat_0.11.0_amd64.deb
Untuk Arch Linux, kalian dapat menginstalnya dari Official Sources seperti perintah berikut.
$ sudo pacman -S bat
Untuk FreeBSD atau Termux, kalian dapat menginstal paket bat yang telah dicompile dengan pkg
$ pkg install bat
Setelah selesai menginstal bat, jalankan saja dengan cara yang sama seperti biasanya kalian menjalankan perintah cat. Sebagai contoh, perintah berikut akan menampilkan isi file yang ditentukan dengan syntax higlighting.
$ bat sc.php
Untuk menampilkan beberapa file sekaligus, gunakan perintah berikut.
$ bat file1.sh file2.php
Bat – Cat Clone with Syntax Highlighting

Mengganti Tema Syntax hghlighting
Selanjutnya jika ingin merubah tema untuk syntax highlighting nya kalian bisa melihat daftar tema yang tersedia, gunakan opsi --list-themes
$ bat --list-themes

Bat – Cat Clone dengan Syntax Highlighting

Setelah kalian memilih tema untuk digunakan, aktifkan dengan opsi --theme
$ bat file.ext --theme=DarkNeon
Perhatikan bahwa pengaturan ini berlaku sekali pakai, artinya kalian harus mengetik --theme untuk memakai tema. Akan tetapi jika kalian ingin membuat perubahan permanen, kalian dapat mengedit file .bashrc dan menambahkan konfig BAT_THEME
$ sudo nano .bashrc
Dan tambahkan konfig berikut pada bagian paling akhir.
export BAT_THEME="DarkNeon"
Menonaktifkan Paging
Bat secara default menggunakan paging atau tidak menampilkan isi file secara keseluruhan, jika kalian ingin menonaktifkan fungsi paging ini bisa menggunakan opsi --paging never atau jika ingin menonaktifkan secara permanen bisa dilakukan seperti cara untuk mengganti Tema diatas dan menambahkan konfig berikut.
export BAT_PAGER=""
Oke seperti itu kira-kira menginstal, konfigurasi, dan menggunakan bat command (cat clone) di linux. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menggunakan atau menyesuaikan bat, ketik man bat atau buka Github Repository-nya: https://github.com/sharkdp/bat
Share This :
MetaXploit

Adalah seorang web designer yang suka mempelajari hal-hal yang baru seputar blog, template, coding dan Bisnis Online. Untuk mempelajari hal baru, membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam mempelajarinya.